Oke sobat2 sekalian yang sering mengalami kecelakaan saat melakukan
pendaratan melalui visual approach kali ini saya akan posting bagaimana
caranya untuk mendarat menggunakan ILS.. namun sebelum itu kalian harus
menggerti dulu yang dimaksud dengan Glide Slope dan Localizer.. karena
kedua hal ini adalah hal yang sangat diperhatikan dalam melakukan
Pendaratan (Landing) Landing yang dimaksudkan disini tentunya bukan
Landing sperti kencan ato sebagainya.. melaikan mendaratkan pesawat..
hehehehehe.. :p
ok mari kita bahasa one by one
1. Glide slope
Merupakan salah satu jenis peralatan navigasi bandara yang berupa transmitter yang berfungsi untuk
membimbing para pilot mengikuti jalur vertikal yang benar pada saat final approach
Gambar untuk Glide Slope
2. Localizer
Localizer adalah yang membuat pesawat centerline dari runway.
Sehingga pesawat tidak miring ke kiri atau ke kanan dari runway. Cara
kerja dari localizer adalah perbedaan frequecy yang dimodulasi. Yang satu dimodulasikan 90Hz yang lainya dimodulasikan 150Hz. Localizer
penerima yang ada di pesawat menangkap perbedaan itu maka dapat
dideteksi apakah suatu pesawat condong ke kanan atau ke kiri. Sama hal
nya dengan Glide slope atau Glide path. Bekerja pada kisaran
frequency 329.15MHz sampai 335 MHz dapat mengetahui apakah pesawat
terlalu rendah atau terlalu tinggi dari thrusthold.
Referecnce : http://veeone120184.wordpress.com/tag/localizer/
Gambar untuk Localizer
PAPI (Precision Approach Path Indicator)
PAPI (Precision Approach Path Indicator)
Adalah lampu indikator yang mengisyaratkan bahwa anda berada pada
ketinggian yang salah atau benar pada saat final approach. PAPI pada
umumnya terletak di sebelah kiri Runway (Dari sudut pandang Pilot).;
Ok.. Karena kalian sudah mengerti, sekarang kita akan membahas cara mendaratkan pesawat menggunakan ILS
1. Pastikan Kalian sudah tau Frequency Runway yang akan di gunakan pada saat Approach..
Contoh Tokyo (Hanaeda) Runway 34 R = 108,900 Mhz
2. Kemudian untuk mengaktifkan frequency tersebut kalian harus memasukan kode frequencynya ke "Radio
Stack" Nav 1
3. Caranya Klik "Shift+2" trus ubah kode frequency pada colum Standby
Gambar untuk Radio Stack pada Boeing 737-800 di FSX
4. Setelah itu pindahkan dari posisi standby ke posisi active dengan xara meng-klik tombol yang ada di
antara kedua colum teresebut pada Nav 1
5. Lalu pastikan apakah pesawat terbang dengan mode Nav atau GPS.. pastikan dia "Nav"
6. Setelah itu Klik Tombol "APP" (Approach) yang terletak di dekat tombol-tombol auto-pilot
7. Tunggu sampai pesawat berbelok sendiri (Heading ) lalu biarkan ia terus begitu sampai kalian sadar akan
bahaya.. hahaha (emank sih.. pada saat landing cheklist harus ; Auto trottle offt, Auto Pilot off, spoiler set to arms
,Flaps set to full, Landing gear Down.. supaya kalian terhindar dari Dbuarrrrrr...)